KARANG TARUNA

http://hanif40.blogspot.com/

November 13, 2014

Apakah Hasil Belajar Itu?

        Hasil Belajar
            
        Karya : Hanif
      Hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan ketrampilan. Menurut Gagne dalam Suprijono (2009:5), hasil belajar berupa:
1)      Informasi verbal yaitu kapasitas mengungkapkan pengetahuan dalambentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis. Kemampuan merespon secara spesifik tergadap rangsangan spesifik. Kemampuan tersebut tidak memerlukan manipulasi simbol, pemecahan masalah, maupun penerapan aturan.
2)      Ketrampilan intelektual yaitu kemampuan mempresentasikan konsep dan lambang. Ketrampilan intelektual terdiri dari kemampuan mengategorisasi, kemampuan analitis-sintetis, fakta-konsep dan mengambangkan prissip-prinsip keilmuan. Ketrampilan intelektual merupakan kemampuan melakukan aktivitas kognitif bersifat khas.
3)      Strategi kognitif yaitu kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitifnya sendiri. Kemampuan ini meliputi penggunaan konsep dan kaidah dalam memecahkan masalah.
4)      Ketrampilan motorik yaitu kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan koordinasi, untuk melatih terwujudnya otomatisme gerak jasmani.
5)      Sikap adalah kemampuan menerima atau menolak objek berdasarkan penilaian terhadap objek tersebut. Sikap berupa kemampuan menginternalisasi dan eksternalisasi nilai-nilai. Sikap merupakan kemampuan menjadikan nilai-nilai sebagai standar perilaku.

    Menurut Bloom (dalam Asrori 2007:37) hasil belajar mencakup peringkat dan tipe prestasi belajar, kecepatan belajar, dan hasil afektif. Andersen (dalam Asrori 2007:37) sependapat dengan Bloom bahwa karakteristik manusia meliputi cara yang tipikal dari berpikir, berbuat, dan perasaan. Tipikal berpikir berkaitan dengan ranah kognitif, tipikal berbuat berkaitan dengan ranah psikomotorik, dan tipikal perasaan berkaitan dengan ranah afektif. Ketiga ranah tersebut merupakan karakteristik manusia dan dalam bidang pendidikan ketiga ranah tersebut merupakan hasil belajar. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar menurut Bloom (dalam Asrori 2007:38):

Gambar 2.2. : Variabel utama sistem pembelajaran menurut Bloom
 Gambar diatas menunjukkan bahwa hasil belajar ditentukan oleh kualitas proses pembelajaran. Pembelajaran ditentukan oleh karakteristik masukannya, yaitu karakteristik peserta didiknya. Kualitas pembelajaran mempengaruhi kualitas hasil. Hasil yang berkualitas akan mempengaruhi masukan pada proses pembelajaran berikutnya. Ketiga hal tersebut, merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, dan umpan balik merupakan sarana yang dapat menyatukan ketiga hal tersebut. Kemampuan afektifnya merupakan bagian dari hasil belajar dan memiliki peran yang penting. Keberhasilan pembelajaran pada ranah kognitif dan psikomotorik sangat ditentukan oleh kondisi afektif peserta didik. Peserta didik yang memiliki minat belajar dan sikap positif hasil terhadap pelajaran akan merasa senang mempelajari mata pelajaran tersebut, dan diharapkan akan mencapai hasil pembelajaran yang optimal.
Jadi dapat disimpulkan hasil belajar merupakan hasil dari adanya suatu proses yaitu proses pembelajaran yang dapat berupa sikap, ketrampilan, prestasi belajar maupun hasil belajar afektif. Hasil belajar ini mencakup tiga ranah yaitu ranah afektif, kognitif dan psikomotorik. Hasil belajar juga dipengruhi oleh beberapa faktor seperti perilaku afektif dari peserta didik dan karakteristik para peserta didik itu sendiri yang menghasilkan hasil belajar yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Selain dari faktor peserta didiknya yaitu sikap dan karakteristik peserta didik , hasil belajar juga dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran itu sendiri. Jadi adanya perbedaan kualitas pada proses pembelajaran akan berdampak pada kualitas hasil belajar yang akan dihasilkannya.

0 comments: