KARANG TARUNA

http://hanif40.blogspot.com/

October 30, 2011

Pemanfaatan Alam Di Kabupaten Pemalang


PEMANFAATAN ALAM DI KABUPATEN PEMALANG

TUGAS
MATA KULIAH GEOGRAFI PENDUDUK




                          Nama                                 : M.KHANIF MAHMUDIN
                          NIM                                   : K5410040
                          Program Studi                     : Pendidikan Geografi

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG
Deskripsi dan pengenalan daerah kabupaten Pemalang
            Secara geografisnya Kabupaten Pemalang terletak diantara 109* 17" 30' - 109* 40" 30' Bujur Timur serta 8* 52" 30' - 7* 20" 11' Lintang Selatan.
Adapun batas-batas wilayah Kabupaten Pemalang adalah :
- Sebelah Utara           : Laut Jawa
- Sebelah Selatan          : Kabupaten Purbalingga
- Sebelah Barat            : Kabupaten Tegal
- Sebelah Timur           : Kabupaten Pekalongan
Berdasarkan topografinya, Kabupaten Pemalang dikelompokkan atas :
Daerah dataran pantai , daerah dataran rendah, daerah dataran tinggi, dan daerah dengan pegunungan. Luas wilayah kabupaten Pemalang adalah 111.531,553 Ha ( sumber : situs resmi kabupaten Pemalang ) dengan luas wilayah Kabupaten Pemalang adalah 111.531,553 Ha terdiri dari :
- Luas tanah sawah : 38.694 ha
- Luas tanah kering : 72.836 ha
Dengan luas yang wilayah yang begitu luas, saya memaparkan pemanfaatan alam untuk kehidupan masyarakat di kabupaten Pemalang untuk  wilayah Kecamatan Ulujami,comal dan sekitarnya yang merupakan tempat tinggal saya. Pemaparan ini merupakan memaparkan pemanfaatan alam dalam kehidupan di wilayah kecamatan Ulujami, comal dan sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ataupun sebagai mata pencaharian penduduk, terutama pada masyarakat desa yang masih banyak memanfaatkan lahan.


PEMBAHASAN
A.  PEMANFAATAN LAHAN OLEH PENDUDUK SEBAGAI LAHAN PERTANIAN
Pemanfaatan tanah sebagai lahan pertanian di daerah dataran rendah di Pemalang masih sangat banyak dan begitu luas. Tanah sebagai lahan pertanian didaerah Ulujami Pemalang banyak dimanfaatkan untuk menanam sumber daya alam pertanian, meliputi tanaman untuk makanan pokok, seperti padi, jagung dan
sagu atau palawija yang terdiri dari ubi-ubian, kacang-kacangan dan holtikultura yang meliputi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.
Pada derah pantai namun bukan pesisir pantai, pemanfaatan tanah sebagai lahan pertanian masih banyak dilakukan para warga penduduk. Dengan kondisi daerah yang datar dan tidak terjal, pemanfaatan sebagai pertanian termasuk dalam kategori lancar dan baik, dengan dibantu irigasi dari sungai yang merupakan sungai yang menuju ke arah laut. Daerah Pemalang sebelah timur yang berbatasan dengan kabupaten Pekalongan yaitu daerah Ulujami merupakan wilayah yang masih banyak memanfaatkan lahan sebagai pertanian padi. Walaupun akses transportasi, dan listrik sudah lancar, namun pemanfaatan lahan pertanian masih luas. Termasuk  lahan yang berada di daerah dekat jalan pantura, walaupun terkadang pelebaran jalan memaksa lahan pertanian ini menjadi hilang. Untuk daerah yang menuju pantai, sepanjang jalannya terhampar sawah dengan tanaman padi yang luas yang merupakan pemanfaatan lahan atau tanah sebagai pertanian untuk  kebutuhan hidup. Sawah di daerah saya merupakan sawah irigasi, dimana terdapat sungai yang bercabang alirannya yang bermanfaat untuk pengairan sawah. Keadaan ekonomi yang kurang mendukung, dan faktor pekerjaan yang sulit didapat manjadikan banyak warga sekitar yang memanfaatkan pertanian sebagai mata pencaharian untuk  menjadi petani atau sebagai buruh tani dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
B.  PEMANFAATAN ALAM PADA DAERAH PESISIR PANTAI DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA LAUT.
Untuk pemanfaatan sumber daya laut di daerah kabupaten pemalang yaitu daerah pantai pulau jawa ( laut jawa ), masyarakat pesisir pantai memanfaatkan sumber daya yang ada untuk kebutuhan hidupnya. Pemanfaatan alam pada daerah pesisir pantai meliputi pemanfatan lahan di sekitar pantai dan pemanfaatan sumber daya laut yang ada. Penduduk sekitar pesisir pantai di ulujami Pemalang dalam memanfaatkan alam diantaranya sebagai :
1.      Pemanfaatan Sumber Daya Laut Sebagai Sumber Mencari dan Menangkap Ikan.
Masyarakat pesisir pantai mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Nelayan disini ada bermacam variasi, seperti nelayan yang langsung melaut, mencari ikan di lautan, dan ada pula nelayan yang mencari/ menangkap ikan di sungai atau rawa yang terdapat pada daerah pantai. Potensi laut yang begitu banyak dimanfaatkan nelayan secara langsung untuk menangkap ikan. Biasanya nelayan memakai perahu diesel dengan perlengkapanya menangkap ikan di laut lepas / di tengah lautan. Kemudian hasil tangkapannya dijual dan sebagian yang masih hidup di pelihara atau di budidayakan di tambak yaitu lahan yang digunakan untuk budidaya ikan. Pemanfaatan laut dengan menagkap ikan sebagai nelayan merupakan prioritas utama untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat pesisir pantai dalam memanfaatkan potensi yang ada di laut.

2.    Pemanfaatan Lahan Untuk Budidaya ikan
Dengan lahan yang begitu luas datar, warga pesisir pantai di Pemalang memanfaatkan daerah/lahan kosong sebagai tempat budidaya ikan, warga sekitar biasa menyebutnya membuat tambak. Fungsi tambak adalah membudidayakan ikan, dari hasil tangkapan yang sengaja untuk dibudidayakan atau dari bibit ikan yang pelihara. Dengan memanfaatkan lahan yang luasnya 8 x 7 meter ( luas tambak ikan ), yang biasanya berbentuk memanjang, masyarakat pesisir membuka lahan dengan cara mengeruk tanah pada lahan tersebut sehingga terbentuk sebuah kubangan yang tertata dengan rapi yang berbentuk kolam. Setelah  itu kolam tersebut akan terisi air dengan sendirinya. Untuk menjaga kebersihan air, maka pemilik tambak mengganti air tersebut dengan air yang baru, kemudian barulah menaburkan benih ikan atau ikan hasil tangkapan dari laut. Untuk budidaya ikan pada daerah pantai sangat bervariasi, dari budidaya ikan air tawar, air payau ataupun air asin. Untuk di Pemalang terutama pada daerah pantai Ulujami para nelayan dalam membudidayakan ikan adalah ikan  air tawar, seperti ikan lele. Ikan air tawar dianggaplebih mudah dalam proses pemeliharaanya. Namun ada pula yang membudidayakan ikan air asin. Biasanya ikan air asin merupakan hasil tangkapan nelayan di laut yang sengaja untuk di pelihara yang merupakan langsung dari laut.
Selain ikan, para pemilik tambak ini juga membudidayakan kepiting dan udang, sebagai hasil tambahan dari budidaya ikan. Untuk pemanfaatan lahan dengan budidaya ikan mayoritas terjadi didaerah pantai laut jawa terutama di Pemalang Jawa Tengah, bahkan kebanyakan pula terjadi pada daerah daerah sekitar wilayah pantai Pemalang seperti di Pekalongan dan di Tegal yang lebih luas dan lebih maju dan terkenal dengan budidaya ikannya. Pemanfaatan lahan sebagai lahan perikanan, hasil tangkapan dan budidaya laut memberi kehidupan kepada para nelayan atau masyarakat pesisir pantai di Pemalang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
3.      Pemanfaatan Vegetasi Laut
Vegetasi laut yang dapat dimanfaatkan oleh para penduduk pesisir pantai Ulujami Pemalang diantaranya yaitu rumput laut. Rumput laut sangat bermanfaat dalam hal untuk bahan makanan, serat gizi maupun pemanfaatan dalam bidang lain seperti bahan pencampur kosmetik dan obat-obatan. Vegetasi rumput laut ini memang tidak banyak orang yang mencari dan memanfaatkanya, namun sebagian untuk para nelayan perempuan di pantai ulujami pemalang, sering memanfaatkan rumput laut sebagai potensi yang bermanfaat untuk kehidupannya. Rumput laut di daerah sini juga ada yang dibudidayakan, sehingga para nelayan tidak perlu ke perairan laut untuk mencarinya. Di Pemalang para pengumpul rumput laut terlihat sedang atau tidak banyak, hal itu karena sebagian besar para nelayan laki-laki lebih memilih untuk melaut. Dan pemanfaatan rumput laut ternyata membantu kehidupan para nelayan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
4.      Pemanfaatan Lahan Sebagai Perkebunan Melati di Daerah Pesisir Pantai
Lahan yang kosong yang tidak dijadikan tambak atau budidaya ikan, dapat dijadikan suatu perkebunan, seperti perkebunan melati. Tanaman bunga melati merupakan tanaman yang dapat hidup di daerah pantai dan warga pesisir pantai banyak yang menanam tanaman melati ini. Selain memanfaatkan lahan yang kosong, perkebunan melati dapat ditanam pada sela-sela tanah yang kosong pada daerah budidaya ikan / tambak ikan . Jadi warga pesisir ini memanfaatkan lahan yang berada langsung di sebelah tambak ikan walau dengan keadaan yang sempit. Dengan demikian potensi lahan benar-benar dimanfaatkan para nelayan atau warga pesisir pantai dengan maksimal sebagai sumber kebutuhan hidupnya.
C.  PEMANFAATAN SUNGAI DAN DAERAH ALIRAN SUNGAI COMAL
Di daerah Pemalang, yang merupakan tempat tinggal saya, terdapat sebuah sungai yang besar dan memanjang yaitu sungai comal. Sungai comal merupakan salah satu sungai yang panjang yang terdapat di wilayah Jawa Tengah.tempat tinggal saya kurang lebih 7 kilometer dari sungai comal. Banyak warga sekitar yang memanfaatkan sungai comal sebagai tempat untuk mencuci pakaian, padahal dengan keadaan sungai yang begitu lebar dan kedalaman yang dalam sangat membahayakan. Sungai ini pun dimanfaatkan beberapa warga sebagai sarana penyeberangan dengan menggunakan perahu kecil sebagai sarana transportasi penyeberangan untuk menuju wilayah tertentu dengan akses jalan melalui penyeberangan sungai ini. Selain itu ada pula warga yang memanfaatkan lahan pada daerah aliran sungai ini untuk bertanam, dilakukan pada daerah aliran sungai, tepat pada pinggiran sungai ini. Pemanfaatan sungai yang utama bagi penduduk disini sebenarnya adalah sebagai irigasi sawah.

D. PEMANFAATAN PANTAI SEBAGAI POTENSI WISATA
Pengoptimalan pemanfaatan daerah pantai dengan sumber daya yang ada salah satunya adalah wisata pantai. Di Pemalang,  pantai utara ulujami merupakan daerah objek wisata pantai utara.Dengan beragam vegetasi yang ada dimanfaatkan sebagai objek penarik pengunujung, termasuk pemandangan alamnya.

PENUTUP
  1. KESIMPULAN
Pemanfaatan alam di daerah Pemalang dengan hamparan pantai yang luas dimanfaatkan warga untuk kebutuhan hidupnya. Pemanfaatan lahan untuk pertanian merupakan faktor utama pemanfaatan lahan di daerah pemalang. Selain untuk pertanian di daerah pesisir pantai utara laut jawa di Ulujami Pemalang, dimanfaatkan sebagai lahan perikanan. Pemanfaatan sumber daya laut untuk mencari dan menagkap ikan dan mencari sumber daya laut merupakan priorotas utama mata pencaharian  warga pesisir pantai dalam memanfaatkan alam dalam memenuhi kebutuhan hidup untuk kehidupanya.

0 comments: