KARANG TARUNA

http://hanif40.blogspot.com/

November 24, 2014

Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk

a.       Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk
Kegiatan ekonomi masyarakat dapat dilihat dari pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukimannya berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi. Pola kegiatan ekonomi penduduk dibedakan menjadi dua yaitu aktivitas pertanian dan non-pertanian.
a)      Aktivitas di Bidang Pertanian
Aktivitas pada bidang pertanian biasanya dilakukan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi lainnya. Namun, dengan berkembangnya sektor industri dan perdagangan lama kelamaan orang yang bekerja di sektor pertanian berubah bekerja di sektor non pertanian.
Aktivitas pertanian di Indonesia didukung oleh dua faktor yaitu :
1.      Faktor fisik, mencangkup tanah yang subur, air yang melimpah dan iklim yang mendukung. Tanah – tanah di Indonesia masih tergolong produktif untuk dikembangkan sebagai lahan pertanian terutama pada tanah – tanah vulkanik dan aluvial.
2.      Faktor sosial, yaitu bahwa aktivitas pertanian telah lama berkembang dan dilakukan secara turun temurun. Kemajuan dalam ilmu dan teknologi turut mengubah cara bertani dari tradisional menjadi modern dengan menggunakan pupuk, pestisida, insektisida, mesin pengeolah lahan, dan lain – lain.
Aktivitas pertanian dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu :

1)      Pertanian Lahan Basah
Aktivitas pertanian lahan basah biasanya dilakukan pada daerah yang mempunyai banyak air dan biasanya ada di daerah dataran rendah. Biasanya lahan basah dimanfaatkan sebagai lahan persawahan.
2)      Pertanian Lahan Kering
Pertanian lahan kering merupakan pertanian yang dilakukan di wilayah yang memiliki keterbatasan air, dan biasanya hanya mengandalkan air hujan. Daerah dengan keterbatasan air berada pada perbukitan. Jenis pertanian lahan kering antara lain adalah ladang.
3)      Perkebunan
Perkebunan merupakan aktivitas pertanian yang tanamannya didominasi tanaman pokoknya, misalnya: kelapa, karet, tebu, dan lain – lain. Berdasarkan skalanya perkebunan dapat dibagi menjadi perkebunan rakyat dan perkebunan besar.
b)      Aktivitas di Bidang Nonpertanian
Selain aktivitas pertanian terdapat pula aktivitas nonpertanian. Semakin maju suatu negara, biasanya aktivitas penduduk lebih banyak yang bekerja disektor non pertanian. Macam aktivitas non pertanian antara lain :
·         Industri
Secara luas, kegiatan industri diartikan sebagai kegiatan manusia yang bersifat produktif dan komersial, sedangkan dalam arti sempit kegiatan industri diartikan sebagai semua usaha pengelola bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi. Aktivitas industri dapat pula berupa industri jasa seperti industri pariwisata, perbankan dan lain – lain yang wujudnya tidak berupa pabrik.
·         Perdagangan
Perdagangan merupakan aktivitas jual beli antara penjual dan pembeli dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Perdagangan dapat dikelompokkan menjadi :
a.       Perdagangan lokal
b.      Perdagangan interregional

c.       Perdagangan internasional

0 comments: