KARANG TARUNA

http://hanif40.blogspot.com/

November 13, 2014

ATLAS ELEKTRONIK INDONESIA

ATLAS ELEKTRONIK itu apa??


 Apa bedanya atlas elektronik dan atlas biasa? baik saya akan coba mengenalkan media pembelajaran unik, kreatif dan menyenangkan ini yang berbasis pemanfaatan teknologi. Seiring perkembangan teknologi saat ini yang telah mencapai pada semua elemen termasuk bidang pendidikan yaitu pembelajaran di kelas, maka sudah saatnya guru atau pengajar memanfaatkan perkembangan teknologi ini sebagai alat yang efektif dan menambah keterampilan peserta didik dalam mengoperasikan media berbasis teknologi. Sebelum memaparkan tentang detail dari atlas elektronik, manfaat dan kelebihan atlas elektronik maka saya "share" dulu asal produk ini dan penjelasannya.
* SEKILAS Penjelasan Atlas Elektronik.
Atlas elektronik Indonesia merupakan perkembangan dari sistem informasi geografis dalam perkembangan dan pemanfaatan teknologi spasial. Atlas elektronik Indonesia merupakan produk resmi dari Badan Informasi Geospasial (BIG). Badan Informasi Geospasial (disingkat BIG), sebelumnya bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (disingkat BAKOSURTANAL), adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial.


BIG berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden dan dipimpin oleh seorang kepala. Dr. Asep Karsidi, M.Sc. saat ini menjabat sebagai Kepala BIG berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 29/M Tahun 2012. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, BIG dikoordinasikan oleh Menteri Riset dan Teknologi. Adapun produk dari BIG meliputi : jarring control geodesi, peta kelautan, peta tematik, buku geospasial, jasa diklat, peta rupa bumi, dokumen standar, jasa survey dan pemetaan, dan atlas.
Atlas elektronik adalah kumpulan dari beberapa peta tematik yang berbentuk softfile dan bisa ditampilkan melalui alat yaitu computer atau laptop. Di dalam atlas elektronik berisi peta aministratif dan peta tematik yang menginformasikan suatu informasi berdasarkan tema dari atlas elektronik tersebut. Peta tematik mempunyai tema-tema yang berbeda-beda sesuai dengan edisi yang dikeluarkan dari BIG. Terdapat 33 peta tematik yang sesuai tema tertentu yang disajikan dalam cakupan wilayah provinsi.
Selain berisi peta tematik, atlas elektronik sudah didukung dengan teknologi yang sudah baik, yaitu dapat ditampilkan melaui media-media pemutar video yang ada di sistem komputer seperti Gom player, Flash Media Player, KMP player dan media lain yang mendukung format berjenis video untuk menjalankan atlas elektronik ini. Dengan penggunaan teknologi pemutar video ini maka atlas elektronik mempunyai kelebihan lain seperti  terdapat beberapa video pembelajaran yang sesuai dengan tema atlas elektronik tersebut, contohnya : video tentang sumberdaya laut di Indonesia pada atlas elektronik Indonesia tema Sumberdaya Kelautan. Selain video pembelajaran atlas ini di dukung dengan data-data statistik di dalamnya seperti data jumlah penduduk di tiap-tiap provinsi dan data statistik lainnya. Iringan musik tradisional dari berbagai provinsi di Indonesia sebagai latar suara yang secara otomatis akan memainkan sendiri lagu-lagu tradisional ini ketika pengguna membuka peta tematik di tiap provinsi menjadikan atlas eketronik semakin menarik. 
 berikut beberapa contoh screen shoot atlas elektronik :





0 comments: