KARANG TARUNA

http://hanif40.blogspot.com/

November 21, 2014

Penyebab Perubahan Iklim Dunia (1)

Penyebab Perubahan Iklim Dunia (page 1)

Materi : Meteorologi & Klimatologi

BAB I

PENDAHULUAN

 

Dalam era modern saat ini masalah lingkungan yang menjadi sorotan masyarakat dunia adalah tentang isu perubahan iklim akibat pemanasan global (Global Warming). Hal ini tentu saja tidak dapat diabaikan terutama bagi negara-negara berkembang yang banyak merasakan dampak atas terjadinya perubahan iklim dunia ini.
Iklim digambarkan sebagai cuaca rata-rata yang terjadi selama periode waktu yang panjang (berpuluh-puluh tahun atau lebih). Iklim dipengaruhi beberapa macam faktor, diantaranya temperatur, presipitasi, angin, dan arus lautan.
Perubahan iklim merupakan gejala terjadinya perubahan yang signifikan dalam pengukuran iklim (seperti temperature atau presipitasi) berlangsung pada periode waktu yang lebih lama, dapat diamati melalui perubahan temperature rata-rata, lamanya musim, presipitasi (curah hujan) rata-rata per tahun, dll.

Fenomena perubahan iklim mulai banyak diperbincangkan di dunia. Dampak perubahan iklim global akibat pemanasan global telah kita rasakan, misalnya tidak jelas lagi kapan musim hujan dimulai dan kapan berakhir. Banjir, tanah longsor, angin topan dan kekeringan akan terus terjadi. Kenaikan suhu udara dan laut, pencairan salju dan es di beberapa daerah kutub serta kenaikan permukaan laut secara global.
Dalam makalah ini akan dijelaskan berbagai faktor yang menyebabkan perubahan iklim dunia.
Hasil kajian IPCC (2007) menunjukkan bahwa sejak tahun 1850 tercatat adanya 12 tahun terpanas berdasarkan data temperatur permukaan global. Sebelas dari dua belas tahun terpanas tersebut terjadi dalam waktu 12 tahun terakhir ini. Kenaikan temperatur total dari tahun 1850-1899 sampai dengan tahun 2001-2005 adalah 0,76OC. Permukaan air laut rata-rata global telah meningkat dengan laju rata-rata 1.8 mm per-tahun dalam rentang waktu antara lain antara tahun 1961-2003. Kenaikan total permukaan air laut yang berhasil dicatat pada abad ke-20 diperkirakan 0,17 m. Laporan IPCC juga menyatakan bahwa kegiatan manusia ikut berperan dalam pemanasan global sejak pertengahan abad ke-20. 
Bersambung ke : Penyebab Perubahan Iklim Dunia (2) => http://hanif40.blogspot.com/2014/11/penyebab-perubahan-iklim-dunia-2.html  

0 comments: